Pemipaan dan Instalasi

Piping and Installation Kalau air compressor adalah jantung dari sistem udara maka bisa dibilang bahwa pemipaan atau piping sama dengan pembuluh darahnya. Kalau tidak diprogram dan ditata dengan baik sama seperti gagal jantung karena penyumbatan darah di pembuluh darah, kompresor juga bisa mengalami kegagalan karena tersumbat.

Banyak opsi-opsi yang diberikan atau bagaimana cara kita mempipa atau memasang pipa di sistem udara. Tapi sebelum itu harus diketahui dulu apa sih yang diinginkan dari pemipaan kompresor udara. Berikut adalah penjelasan lebih jelasnya.  

Pemipaan seperti apa yang diperlukan?

  1. Pemipaan anti bocor

Tentunya kita tidak menginginkan kebocoran dalam pemipaan kompresor udara. Bayangkan saja berapa kerugian yang didapatkan jika ada kebocoran.

  1. Sistem pipa yang memiliki minimal pressure drop

Setiap 2% kenaikan psi dari 100 psi mengakibatkan kenaikan energi yang dibutuhkan sebanyak 1%. Setriap sistem pipa harus memiliki pressure drop. Pressure drop diakibatkan dari gesekan pipa dan udara yang melewati pipa tersebut. Pipa yang tidak mengalami gesekan tentunya belum ada sampai sekarang jadi kejadian seperti pressure drop akan terus ada. Kuncinya adalah pressure drop ini harus dimimalisir sebaik mungkin.

Nah bagaimana cara untuk meminimalisir pressure drop?

  1. Pastikan pipa yang anda miliki benar dari segi ukuran untuk CFM, tekanan, dan panjang pipa untuk sistem pipanya.

Semakin panjang semakin besar juga pipa yang dibutuhkan. Untuk mengkalkulasikan pressure bisa dilihat online. Pastikan untuk memasukkan panjang yang sama saat melakukan perhitungan.

  1. Meminimalisasi penggunaan Elbow dan Bend (pipa)

Sebuah pipa elbow dihitung sebagai beberapa kaki (atau kemungkinan beberapa ribu kaki) dari pipa saat melihat kalkulasi pressure drop. Kadang-kadang penggunaannya tidak bisa dihindari tetapi harus tetap diperhatikan untuk meminimalisir penggunaan pipa jenis ini.

  1. Membuat loop

Sebuah loop akan membuat pressure atau tekanan tersebar secara menyeluruh. Dengan membuat loop tidak aka nada kekurangan tekanan pada ujung-ujung pipa. Loop juga memudahkan untuk dikembangkan nantinya.

Bagaimana cara agar sistem pemipaan awet?

  1. Hindari penggunaan PVC

Selain illegal penggunaannya tidak ditujukan untuk kompresor udara. Pipa jenis ini gampang patah dan pecah.

  1. Hindari penggunaan black iron

Black iron atau besi hitam dulu digunakan untuk instalasi kompresor udara. Tetapi, besi ini mudah merusak bagian luar maupun dalam. Korosi yang diakibatkan akan sangat parah yang akhirnya akan mengontaminasi kualitas udara dan pressure drop.

  1. Baja galvanis, tembaga, baja tahan karat, dan aluminium

Baja-baja di atas adalah pilihan yang baik dalam proses pemipaan dan instalasi yang akan dibuat atau dilakukan. Nah untuk yang ini bisa dibicarakan dengan team servis pemipaan yang akan digunakan jasanya. Team servis Reftech sangat handal dalam menangani pemipaan dan instalasi pipa jika dibutuhkan.

Karena pipa akan sangat awet jika pemasangan pipanya benar, maka dari itu jika membutuhkan pemasangan pipa bisa langsung hubungi kami.

Pertimbangan lain yang bisa diperhitungkan;

  1. Rencana untuk ke depan.

Pastikan pipa yang dipasang mudah untuk dikembangkan atau ditambahi pipa lain. Karena biasanya penambahan pipa akan dibutuhkan dan akan merepotkan jika harus mengganti pipa yang sudah dipasang.

  1. Drip legs

Jika tidak ada refrigerated, membrane, atau dessicant dryer yang terpasang maka harus dipasang drip legs pada pipa yang akan diinstall. Karena jika tidak ada dryer air akan merusak pipa yang terpasang. Karena sejatinya air-air ini harus dialirkan entah masuk ke alat atau mengalir kembali ke kompresor. Tujuan dipasangi drip legs ini untuk menampung air. Meskipun jika ada dryer pemasangan drip legs juga perlu.

  1. Ball Valve

Saat pemasangan pipa dibutuhkan ball valve sebelum atau sesudah komponen-komponen yang harus dipasang. Karena lama kelamaan pasti pipa akan membutuhkan Inspeksi atau maintenance. Ball vale yang dipasang akan memudahkan pekerjaan dan akan membuat maintenance/service menjadi lebih cepat.

Baca Lebih Lanjut : Contact Us 

Nah di atas adalah penjelasan tentang basic pemipaan dan instalasi untuk kompresor udara, pastikan pipa terpasang dengan benar ya.